-->

Breaking

logo

Minggu, 01 Juli 2018

Animasi 2 Dimensi Tes Formatif Lengkap Dengan Jawabannya

Animasi 2  Dimensi Tes Formatif Lengkap Dengan Jawabannya

Berbagi dan Belajar - Tes Formatif 2 Dimensi Lengkap Dengan Jawabannya



Tes formatif Kegiatan belajar 1 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Prinsip – prinsip Animasi?
    Prinsip-prinsip animasi adalah Prinsip-prinsip yang digunakan seorang animator untuk mengetahui dan memahami bagaimana sebuah animasi dibuat sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil animasi yang menarik, dinamis dan tidak membosankan.
  2. Jelaskan Konsep Dasar Prinsip Animasi
    Prinsip dasar animasi didasari oleh keinginan manusia untuk membuat gambar yang hidup dan bergerak sebagai bentuk dari pengungkapan (expression) mereka. 
  3. Siapakah dua tokoh pencetus Prinsip Animasi pertama kali
    Walt Disney dan Roy Disney.
  4. Mengapa Prinsip Animasi sangat penting untuk dijadikan pedoman saat membuat karya Animasi ?
    Karena dengan prinsip dasar tersebut Animasi mampu menyampaikan suatu konsep yang kompleks menjadi menarik secara visual dan juga dinamik sehingga animasi terus berkembang hingga saat ini. 
  5. Apa yang dimaksud dengan Persistence of Vision
    Persistence of Vision adalah pola penglihatan yang teratur.

Tes formatif Kegiatan Belajar 2 

  1. Jelaskan apa fungsi utama Prinsip – prinsip Animasi
    Yaitu agar setiap animasi yang dibuat kelihatan menarik, dramatis, dengan gerakan yang alami.
  2. Apa pengaruh Prinsip Animasi terhadap Penonton/audiens
    Dengan prinsip animasi seorang animator dapat menyisipkan ekspresi karakter dan menarik perhatian para audien. Sehingga penonton bisa terhibur dengan adegan lucu, sedih, menggemaskan, jengkel, atau empati lain yang dihadirkan karakter melalui penerapan prinsip animasi.
  3. Jelaskan apa saja fungsi tambahan prinsip – prinsip animasi!
    untuk media hiburan, media presentasi, dan media promosi atau iklan.
  4. Mengapa Prinsip Animasi selalu disajikan saat membuat karya Animasi
    Karna prinsip animasi dijadikan pedoman untuk setiap gerakan, ekspresi, dan mood dari si karakter atau tokoh.
  5. Apa yang dimaksud dengan Limited Animation?
    Yaitu film animasi yang hanya menggunakan sebagian dari prinsip animasi, tidak semuanya.

Tes formatif Kegiatan Belajar 3 

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan Squash and Stretch!
    Squash and Stretch adalah sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda.
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan Anticipation
    Anticipation adalah sebuah prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda pada penontonmengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
  3. Jelaskan yang dimaksud dengan Staging
    Staging adalah prinsip yang menyatakan sebuah keadaan lingkungan yang dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.
  4. Jelaskan yang dimaksud dengan Straight Ahead And Pose to Pose
    Straight Ahead Action yaitu membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja.
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan Follow Through And Overlapping Action, Apa yang dimaksud dengan Slow In And Slow Out ?
    Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
    Slow In dan Slow Out adalah ilusi untuk membuat percepatan atau perlambatan (acceleration) sehingga dapat menimbulkan kesan tertentu.

Tes formatif Kegiatan Belajar 4 

  1. Jelaskan yang dimaksud dengan Archs
    Sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) sehingga membuat animasi lebih alami.
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan Secondary Action
    Secondary action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya gerakan utama.
  3. Jelaskan yang dimaksud dengan Timing
    Timing adalah prinsip yang menentukan berapa gambar yang harus kita buat di antara 2 pose (inbetween) serta menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan. 
  4. Jelaskan yang dimaksud dengan Appeal
    Appeal adalah prinsip yang menentukan bagaimana kita membuat karakter kita menjadi menarik dan tidak selalu harus yang lucu seperti yang banyak orang pikirkan (gaya tersendiri dalam pembuatan karakter animasi)
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan Exageration
    Exaggeration adalah upaya untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis.
  6. Jelaskan yang dimaksud dengan Solid Drawing
    Solid Drawing adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame animasi.

Tes formatif Kegiatan Belajar 5 

  1. Pengertian storyboard secara harfiah
    Pengertian Storyboard secara Harfiah berarti dasar cerita, dalam perkembanganya storyboard didefinisikan sebagai area berseri (berjajar) dari sebuah gambar sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukkan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung, dan akan menjadi dasar dari kelangsungan keseluruhan dari cerita nantinya
  2. Pengertian storyboard
    Storyboard adalah serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia .
  3. Jelaskan tujuan dibuat storyboard
    Sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya, mulai dari sutradara, penulis cerita, lighting, dan kameramen
    Memungkinkanseorang pembuat film untuk memprevisualisasikan ide-idenya
    Sebagai Alat untuk mengkomunikasi ide kesuluruhan film
    Menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita
    Berperan dalam pewaktuan (timing) pada sequence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dan kesinambungan (countinuity) antara elemen – elemen dalam sebuah frame
  4. Jelaskan dan sebutkan bagian utama storyboard
    Bagian Judul: Berisi tentang Judul, Episode, Scene, dan Halaman
    Bagian Sub Judul: Berisi tentang Penjelasan Take shot, Panel, Squence, Lokasi, dan Setting Waktu
    Bagian Visual: Berisi tentang Gambaran adegan dengan menyisipkan visual atau foto, grafis, dll. Anda juga dapat mencakup teks yang akan ditampilkan di layar, atau Anda dapat membuat bagian lain untuk teks.
    Bagian Audio: berisi tentang uraian audio yang akan melengkapi berupa nama dari file musik atau rekaman, dan atau efek suara (SFX) yang akan bermain di layar masing-masing.
    Bagian Dialog/Action: berisi detil action dan pergerakan kamera (framing, angle) serta dialog adegan (jika ada)
    Bagian Properties: berisi tentang penjelasan artistic, property, wardrobe, dan Timing/ durasi.
  5. Jelaskan dan sebutkan komponen pembentuk storyboard
    Bentuk adegan/potongan-potongan gambar sketsa
    Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa
    Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu)

Tes formatif Kegiatan Belajar 6

  1. Sebutkan prinsip penyusunan storyboard
    Pesan visual harus kreatif (asli, luwes dan lancar),
    Komunikatif,
    Efisien dan efektif,
    Sekaligus indah/ estetis. 
  2. Jelaskan Konsep yang digunakan dalam penyusunan storyboard
    Yaitu konsep 5 W + 1 H =‘What, Why, Who, Which, Where, How.’
    Meliputi :
    Ide cerita dan pesan apa yang disajikan dalam naskah
    Apa jenis genre dan suasana yang hendak dicapai
    Apa settingnya (lokasi dan waktu) dan bagaimana alurnya
    Kepada siapa cerita ini diperuntukan (anak – anak, dewasa, atau segala usia)
    Bagaimana cara pengambilan gambarnya (pemilihan warna, framing, dan angle)
    Apa peluang dan target dari pembuatan film tersebut
    Apa yang diperlukan untuk mendukung cerita (property, wardrobe,actor/aktris)
    Kebiasaan, pola dan cara masyarakat.
    Teknik Pendekatan komunikasi dan kreatif apa yang tepat untuk itu
  3. Jelaskan strategi yang biasa digunakan untuk membuat storyboard
    Strategi yang biasa digunakan untuk membuat storyboard :
    Merancang Strategi Komunikasi , sehingga storyboard mudah dibaca dan dapat dikomunikasikan dengan baik
    Menyusun Strategi Kreatif , sehingga storyboard menjadi menarik dan menciptakan hal baru
  4. Sebutkan unsur unsur yang harus ada dalam proses pembuatan storyboard
    Sketsa atau gambaran layar, halaman atau frame.
    Warna, penempatan dan ukuran grafik.
    Teks asli, jika ditampilkan pada halaman atau layar.
    Warna, ukuran dan tipe font jika ada teks.
    Narasi.
    Animasi.
    Video.
    Audio.
    Interaksi dengan penonton.
  5. Sebutkan langkah langkah membuat storyboard
    Catat poin-poin penting, ide, serta konsep yang akan di masukan didalam storyboard.
    Storyboard anda harus pada dasarnya merupakan gambar serial, dan dilengkapi uraian semua langkah dan keterangan yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan dibuatnya film .
    Membuat sketsa kasar visual untuk semua frame
    Visual dengan jelas menampilkan adegan utama,
    Storyboard dapat dirancang menggunakan dikertas dengan coretan dan tulisan manual atau dengan perangkat lunak seperti Microsoft Word

Tes formatif Kegiatan Belajar 7 

  1. Jelaskan definisi istilah animasi menurut Ibiz Fernandes dan uraikan alasanya kenapa disebut animasi
    “Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Disebut animasi karena menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
  2. Jelaskan pengertian dari animasi tradisional dan sebutkan ciri cirinya
    Animasi tradisional adalah tehnik animasi yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan yang bertujuan menciptakan ilusi gerakan dimana setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang sebelumnya dan dilakukan dengan cara menjiplak gambar yang dibuat animator di kertas transparan yang disebut cels. Kemudian gambarnya diisi dengan cat dalam warna yang berbeda dan juga warna shading yang beda. kemudian gambar karakter yang sudah di gambar di cel, di foto satu persatu dalam filem yang latar belakangnya sudah di cat.
    Cirinya pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP .
  3. Sebutkan dua tipe animasi tradisional yang kalian ketahui dan jelaskan dan berikan contoh filmnya
    Film animasi tradisional antara lain : Pinocchio, Animal Farm, Akira.
    Sedangkan film animasi tradisional yang dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer antara lain : The Lion King, Beauty and The Beast, Snow White & Seven Dwarf, Cinderella, Aladdin, Bambi, The Flinstone
  4. Sebutkan dan jelaskan jenis jenis animasi tradisional sesuai urutan perkembanganya
    Zoetrope (180 AD; 1834)
    Adalah perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak.
    Lentera Ajaib
    Adalah pendahulu dari proyektor modern.
    Thaumatrope (1824)
    Adalah disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat.
    Phenakistoscope (1831)
    Adalah perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope tersebut.
    Buku Flip (1868)
    Buku  itu yang membawa kita lebih dekat dengan animasi modern.
    Praxinoscope (1877)
    Merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut
  5. Jelaskan cara kerja cel animasi
    Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement.
  6. Jelaskan tahapan-tahapan secara umum dalam proses pembuatan animasi tradisional
    Pra produksi.
    Adalah tahapan sebelum produksi. Disini semua hal yang berkaitan dengan proses pembuatan karya animasi disiapkan.
    Produksi
    Adalah tahapan dimulainya proses membuat karya animasi.
    Pasca produksi
    Adalah bagian terakhir dari rangkaian proses pembuatan karya animasi.
  7. Jelaskan istilah istilah animasi berikut ini :
    Keyframe : Bertugas membuat gambar atau gerakan kunci
    Inbetween : Bertugas meneruskan gambar dan gerakan yang sudah dibuat oleh keyframer.
    Cleanup : Membersihkan garis gambar sehingga rapi dan enak dilihat.
    Scanning : Memindai gambar kedalam komputer

Tes formatif Kegiatan Belajar 8

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan animasi stop motion.
    Animasi Stop Motion adalah teknik aimasi menggunakan fotografi yang pengambilan gambarnaya frame by frame untuk membuat objek statis menjadi tampak bergerak.
  2. Sebutkan dan jelaskan macam-macam animasi stop motion.
    Animasi Clay (Clay Animation)
    Adalah salah satu dari banyak bentuk animasi stop motion.
    Animasi Cutout (Cutout Animation)
    Merupakan sebuah teknik yang unik dalam membuat animasi menggunakan objek dan karakter datar dari bahan atau material seperti kertas, kartu, kain keras atau bahkan hasil cetakan foto.
    Animasi Pasir (Sand Animation)
    Merupakan teknik animasi stop motion yang menggunakan pasir dan permukaan datar untuk membuat gambar untuk dianimasikan.
    Animasi Gambar (Hand drawn Animation)
    Merupakan teknik animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap.
Tes formatif Kegiatan Belajar 9

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan animasi komputer.
    Animasi komputer adalah Seni dan proses menghasilkan gambar bergerak dengan penggunaan komputer.
  2. Jelaskan cara kerja pembuatan animasi komputer
    Cara kerja animasi komputer dimulai dari Pra-produksi (konsep, skenario, pembentukan karakter, storyboard, dubbing awal, musik dan sound FX). Selanjutnya proses Produksi (lay out, key motion, in between, Background, scanning, dan pewarnaan). Proses terakhir adalah Post-produksi (composite, editing, rendering, pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya).
Tes formatif Kegiatan Belajar 10 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan animasi komputer.
    Animasi komputer adalah Seni dan proses menghasilkan gambar bergerak dengan penggunaan komputer.
  2. Jelaskan cara kerja pembuatan animasi komputer.
    Cara kerja animasi komputer dimulai dari Pra-produksi (konsep, skenario, pembentukan karakter, storyboard, dubbing awal, musik dan sound FX). Selanjutnya proses Produksi (lay out, key motion, in between, Background, scanning, dan pewarnaan). Proses terakhir adalah Post-produksi (composite, editing, rendering, pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya).
Tes formatif Kegiatan Belajar 11 

  1. Jelaskan pengertian gambar kunci ?
    Gambar kunci dalam pembuatan film animasi adalah gambar yang mendefinisikan awal dan titik akhir dari setiap transisi yang halus.
  2. Jelaskan pengertian inbetween ? Inbetween adalah tehnik yang sangat menentukan dalam sebuah animasi karena merupakan penghubung antar gerakan utama.
Tes formatif Kegiatan Belajar 12

  1. Jelaskan bagaimana cara untuk menganimasikan bola?
    Pada satu lembar kertas, gambarlah jalur busur dimana bola akan mengikuti. beri tanda posisi setiap bola pada jalur busur dengan X. Pastikan untuk menghitungnya. Jika Anda memiliki lightbox, maka nyalakan. Letakkan selembar kertas bersih atas jalur menggambar busur. Sekarang Anda siap untuk mulai menggambar " kunci" gambar animasi: titik di mana bola berada pada titik paling ekstrem. Pada lembar kertas terpisah, Anda harus menggambar key frame yang berbeda. Jika dilakukan dengan benar, Anda harus memiliki serangkaian gambar diberi nomor 1,7,12,17,21,25,28 dan 31. Pastikan bahwa Anda menulis nomor frame di kanan atas dan kanan bawah dari setiap gambar. Jika gambar Anda merupakan gambar kunci maka buatlah lingkaran di nomor tersebut. jepitlah kertas-kertas tersebut dengan penjepit kertas dengan angka yang lebih rendah di bagian bawah dan angka yang lebih tinggi di atas. Sekarang Anda siap untuk "roll" gambar-gambar tersebut.
  2. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip yang paling penting dari animasi?
    Arcs : sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya)
    Timing : tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan.
    Squash dan peregangan : upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.
    Volume : suatu beban atau berat yang dimiliki suatu benda dalam animasi
Tes formatif Kegiatan Belajar 13

  1. Jelaskan bagaimana cara menjalankan software adobe flash pertama kali.
    Cara menjalankan  Adobe Flash CS3 Professional pertama kali yaitu double    klik pada    icon yang ada di desktop atau lihat dari daftar program
  2. Sebutkan bagian-bagian interface pada adobe flash.
    Tools, Timeline, Stage, dan Properties
  3. Sebutkan 10 buah tool dalam adobe flash dan jelaskan fungsinya.
    Selection Tool : berfungsi untuk memilih objek yang kita buat berdasarkan shape atau line.
    Subselection Tool : berfungsi untuk memilih objek yang kita buat berdasarkan transform point.
    Free Transform Tool : berfungsi untuk mengatur skala dan memutar objek.
    Lasso Tool : berfungsi untuk memilih objek berdasarkan garis yang kita tarik di stage.
    Pen Tool : berfungsi untuk membuat sebuah garis melalu control point.
    Text Tool : berfungsi untuk memberikan teks pada animasi kita.
    Line Tool : berfungsi untuk membuat garis.
    Shape Tool : berfungsi untuk membuat bentuk seperti lingkaran dan persegi.
    Pencil Tool : berfungsi untuk membuat garis pensil sesuai keinginan goresan kita.
    Brush Tool : berfungsi untuk membuat garis kuas sesuai keinginan kita.

Tes formatif Kegiatan Belajar 14

  1. Sebutkan Tool yang digunakan untuk membuat lingkaran.
    Oval tool
  2. Sebutkan cara untuk mengkonversi objek/ shape menjadi symbol dan apa shortcutnya?
    Klik kanan di Objek , lalu tekan F8 di keyboard, dan ganti nama symbol 1 dan Selection Tool 
  3. Bagaimana cara melihat movie animasi yang sudah kita buat?
    Tekan control + Enter.
Tes formatif Kegiatan Belajar 15

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan menggambar clean up dan sisip.
    Menggambar Clean Up adalah membersihkan gambar dengan cara menjiplak pada animasi. sedangkan menggambar sisip adalah menyisipkan gambar, warna atau teks pada animasi.  sedangkan menggambar sisip adalah menyisipkan gambar, warna atau teks pada animasi.
  2. Jelaskan salah satu teknik menggambar clean up dan sisip.
    Cara Menggambar Clean Up dan Sisip pada dasarnya adalah teknik menggambar yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan animasi 2 dimensi (bidang datar) mulai dari pembuatan sketsa obyek gambar yang masih berupa goresan-goresan kasar hingga terbentuknya garis tegas layout maupun garis-dalam pada obyek sampai penyisipan gambar, warna atau teks sehingga menghasilkan gambar yang indah seperti aslinya. 
  3. Apakah yang dimaksud dengan tracing?
    Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan bisa berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa.
Tes formatif Kegiatan Belajar 16 

  1. Jelaskan langkah-langkah dalam membuat karakter animasi.
    Gambarlah lingkaran dan sebuah persegi panjang vertical. Gambarlah sebuah garis yang menghubungkan keduanya.
    Gambarlah sebuah garis kira-kira ¼ dari lingkaran.
    Tambahkan garis panduan menghadap kurva body. Untuk guideline kurva body, gambarlah segitiga untuk bentuk bagian badan atas dan semi lingkarang untuk bagian pinggulnya.
    Gambarlah keekstriman gesture sebagai garis lingkaran. Lingkaran mewakili sendi.
    Gambarkan bentuk seperti wajah, lengan, leher dan bentuk tubuh.
    Gambarlah dua lingkaran untuk bagian matanya.
    Gambarlah garis-garis untuk menunjukkan posisi jari jemarinya.
    Gambar sketsa untuk rambutnya.
    Gambarlah sketsa draft untuk pakaian. Anda bisa memberikan model baju apa saja untuk karakter anda.
    Mulailah membuat gambar outline karakter anda.
    Jika sudah selesei mengikuti langkah-langkah di atas, jangan di hapus dulu garis yang tidak perlu dan scan lah hasil gambar anda menggunakan scanner. Jelaskan peralatan apa saja yang digunakan dalam mengambar karakter animasi
  2. Jelaskan peralatan apa saja yang digunakan dalam mengambar karakter animasi
    Kertas A4 dan pensil 2B, penghapus serta penggaris


Tes formatif Kegiatan Belajar 17 

  1. Jelaskan fungsi lightbox ?
    Untuk  membuat gambar yang ditumpuk menjadi terlihat sehingga memudahkan kita untuk menjiplak gambar di atasnya serta untuk membuat gambar sisip atau inbetween diantara gambar kunci.
  2. Jelaskan apa yang perlu diperhatikan dalam cara menggambar animasi pada tahap Inbetweening?
    Flip atau kedipan – Kualitas gambar pada inbetween akan sangat berpengaruh pada animasi saat diputar.
    Perhatikan batasan ! – Periksa tata letak karakter apakah kaki karakter sudah pada posisi (tertanam dengan baik) pada posisi yang benar
    Volume – Kunci lain untuk kesuksesan inbetween dalam cara menggambar animasi adalah menjaga volume karakter.
    Tetap terorganisir – Bekerja selalu dalam sistem dan mengetahui status setiap adegan setiap saat.
    Berkomunikasi – Ajukan pertanyaan dan mendengarkan jawaban. Menanyakan pada asisten atau animator jika ada sesuatu yang spesifik yang ingin diwaspadai ketika memulai adegan baru.
    Jangan menciptakan model karakter sendiri – Gunakan acuan dari asisten dan model sheet yang dibuat sebelumnya.
    Perhatikan keperluan dialog – Kadang-kadang “pada frame” dan kadang-kadang pada bingkai awal/depan.
    Penggunaan lampu atas dan bawah – Cara menggambar animasi dapat dilakukan dengan beberapa teknik.
    Perhatikan detail yang sering hilang – Lebih focus pada pada detail seperti kumis, garis separation (pemisah), dan detail kostum.
    Selalu ikuti dengan gerakan sekunder – Area seperti kumis, rambut, pakaian, telinga panjang (pada kelinci), biasanya memiliki beberapa jenis gerakan tertunda selama adegan yang bergerak cepat atau perubahan gerakan yang cepat atau mendadak.
Tes formatif Kegiatan Belajar 18

  1. Jelaskan pengertian dari frame dalam membuat animasi 2D?
    Frame adalah satuan terkecil dalam video sedangkan pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama.
  2. Jelaskan kenapa Animasi frame adalah jenis animasi yang paling banyak memakan kapasitas file dan memori ?
    Karna animasi frame menuntut banyak gambar yang harus dibuat.
  3. Jelaskan pengertian dari Keyframe dalam membuat animasi 2D?
    Keyframe adalah frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi.
  4. Jelaskan pengertian dari BlankKeyframe dalam membuat animasi 2D?
    BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek.

Tes formatif Kegiatan Belajar 19

1. Sebutkan dan Jelaskan macam-macam animasi di flash ? 

  • Motion Path : motion path untuk membuat symbol bergerak mengikuti bentuk lintasan yang sulit.
  • Animasi Margue : yaitu suatu teks yang muncul dari bagian kanan layar, lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang, begitu seterusnya.
  • Animasi Transparan : animasi yang terlihat secara transparan perlahan-lahan lalu menghilang.
  • Animasi Fade : animasi pemudaran
  • Animasi Rotasi : animasi objek atau teks yang berputar, seperti jam, kincir angin, putaran roda, dan lain-lain.
  • Animasi Blink : animasi berkedip atau berkelip, seperti bintang di langit atau lampu disco, animasi blink biasanya sangat efektif untuk menarik perhatian, sehingga banyak digunakan untuk membuat banner.
  • Animasi Shape : perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya
  • Animasi Masking : animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi.

2. Jelaskan langkah-langkah dalam membuat animasi teks frame per frame

  • Buat dokumen baru berukuran 150x150 pixel dengan background berwarna putih.
  • Klik kanan pada frame 5 > Insert Blank Keyframe, lalu buat huruf "A" pada stage dengan menggunakan Text tool.
  • Klik kanan pada frame 10 > Insert Keyframe, lalu ubah huruf "A" tadi menjadi huruf "N".
  • Klik kanan pada frame 15 > Insert Keyframe, lalu ubah huruf "N" menjadi huruf "I"... dan lakukan langkah yang sama pada Frame 15,20,25,30,35...
  • Klik kanan pada Frame 40 > Insert Blank Keyframe..
  • Tekan Ctrl+Enter untuk melihat jalannya animasi.

Tes formatif Kegiatan Belajar 20

  1. Jelaskan langkah-langkah memasukkan gambar ke area kerja flash?
    Klik File > Import > Import to Stage
  2. Jelaskan fungsi dari Klik kanan pada objek gambar kemudian pilih Break Apart
    Tujuannya untuk memecah gambar sehingga menjadi format bmp, agar bisa dipotong-potong sesuai keinginan
  3. Jelaskan langkah-langkah merubah gambar menjadi movie clip?
    Klik kanan pada objek gambar kemudian pilih Convert to Symbol untuk membuat Movie clip.


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact