-->

Breaking

logo

Sabtu, 17 November 2018

Cara SEO Youtube

Cara SEO Youtube

Membuat video youtube memang sangat mudah bahkan dengan bermodalkan sebuah handphone atau kumpulan gambar-gambar menarik, kita sudah bisa menciptakan video. Banyak blogger yang berburu dollar dari adsense yang berpindah menjadi Youtuber, karena mudahnya menghasilkan uang dari youtube.

Bagi anda yang sudah cukup lama menjalani Youtube Adsense pasti anda tahu bahwa pentingnya melakukan optimasi terhadap video dengan tujuan agar video tersebut menempati peringkat atas dari hasil pencarian baik itu dari hasil pencarian Youtube maupun Google, ketika pengunjung mengetikkan kata kunci yang sudah anda target.

Ada sebagian surfer yang berminat dan hobi dengan melakukan pencarian informasi mengenai sesuatu hal atau produk, dengan berbagai alasan. Inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai sasaran bagi pecinta Youtube Adsense dalam mengumpulkan dollar.

Untuk mengoptimalkan view, subscribe, klik dan penghasilan yang didapat maka anda harus melakukan optimasi SEO terhadap video Youtube. Tips ini masih jarang dibahas, mungkin karena tidak tahu, lupa atau memang ingin disimpan sendiri saja 🙂

Cara Optimasi SEO Untuk Video Youtube Lengkap
1). Riset Keyword
2). Buat Video Yang Menarik Dan Berdurasi Panjang
3). Beri Nama File Video Dengan Keyword
4). Letakkan Keyword Target Di Dalam Judul
5). Masukkan Kata Kunci Didalam Deskripsi Video
6). Gunakan Keyword Dalam Tag
7). Upload Video Berkualitas HD ( High Definition )
8). Tingkatkan Reputasi Channel
9). Share dan Promo Video
10). Manfaatkan Forum Diskusi Untuk Memperluas Jangkauan Penonton
Cara Optimasi SEO Untuk Video Youtube Lengkap
1). Riset Keyword
Dengan melakukan riset keyword, bukan hanya untuk membuat video menjadi SEO tapi juka untuk meningkatkan pengujung pada video tersebut. Tips pertama yang harus dilakukan memang tidak jauh berbeda dengan tips SEO yang harus dilakukan untuk blog.

Pentingnya riset keyword adalah untuk mengetahui keyword apa yang sedang populer dan banyak dicari, agar nantinya bisa menentukan video apa yang ingin di buat dan diupload. Selain itu, anda bisa memprediksi seberapa besar traffik dan pendapatan yang akan anda terima.

Gunakan tool riset keyword yang disediakan google adword atau bisa juga dengan menggunakan Google Trends untuk cara yang lebih simpel dan mudah.

2). Buat Video Yang Menarik Dan Berdurasi Panjang
Kenapa harus membuat video menarik ? secara harfiah, setiap manusia parti akan tertarik melihat atau dengan hal-hal yang dirasa menarik. Ini merupakan langkah SEO paling penting untuk dibuat sebabnya, para pengunjung datang untuk mendapat informasi yang dibutuhkan namun yang ditemukan justru kebalikannya.

Bagaimanapun hebatnya upaya optimasi terhadap video tersebut, tidak akan banyak bermanfaat jika tidak di imbangi dengan sajian video yang berkualitas. Artikel terkait : Cara Buat Video Yang Menarik

3). Beri Nama File Video Dengan Keyword
Setelah riset keyword, anda bisa buat videonya dulu. Jika videonya sudah selesai atau sudah tersedia maka beri nama video tersebut dengan keyword. Sebagai contohnya video anda membahas “Cara dapat uang dari youtube” maka ganti nama file video anda dengan kata kunci target. Jadi judul videonya harus “Cara dapat uang dari youtube”.

Banyak manfaatnya jika menggunakan kata kunci sebagai nama file karena robot google maupun youtube pasti merayapi nama file tersebut, maka pengaruhnya akan sangat baik juga terhadap SEO Video. Dibandingkan nama defaultnya misal VID12534.flv akan sulit dimengerti oleh bot yang merayapi.

4). Letakkan Keyword Target Di Dalam Judul
Judul merupakan bagian paling awal akan diindeks oleh Youtube maupun Google, dengan melakukan sedikit modifikasi dan penambahan kata kunci didalamnya akan membuat rangking video menjadi lebih mapan dan ramah dengan mesin pencari.

5). Masukkan Kata Kunci Didalam Deskripsi Video
Tahukan anda apa maksud dan manfaat dari kolom deskripsi pada video youtube ?? Deskripsi memiliki manfaat untuk menjelaskan dan menggambarkan apa isi video tersebut secara singkat dan informatif kepada para pengunjung serta mesin pencari.

Anda diperbolehkan untuk meletakkan keyword namun lakukan sewajarnya saja, jangan sampai menumpuk kata kunci dan menjadikan video tersebut “SPAM”. Tentunya akan sangat buruk akibatnya ketika pihak youtube melakukan pemantauan rutin,. Paling buruk efeknya adalah penghentian layanan serta banned adsense.

6). Gunakan Keyword Dalam Tag
Optimasi video youtube juga bisa lakukan melalui penambahan tag yang sesuai dengan kata kunci pilihan, ada keuntungan tersendiri ketika memasukkan tag yang tepat. Diantaranya adalah video anda akan muncul di sidebar ketika ada video lain yang menggunakan tag sama dengan video anda.

7). Upload Video Berkualitas HD ( High Definition )
Video berkualitas HD berarti video yang memiliki kejernihan gambar dan kualitas yang sangat baik tanpa gambar kabur maupun pecah-pecah. Bagi anda yang ingin mengaplikasikan hal ini dalam video, bisa gunakan kamera atau handycam yang bagus jika tidak ada maka gunakan saja handphone yang memiliki kualitas gambar cukup baik.

Youtube editor juga menyediakan tool untuk mengubah video SD (Standard Definition ) menjadi HD ( High Definition ).

Perlu anda ketahui bahwa video HD lebih disukai dan dicintai oleh Youtube, karena youtube sangat mengutamakan kepuasan penonton dengan menampilkan video-video dengan kualitas terbaik.

8). Tingkatkan Reputasi Channel
Reputasi channel yang baik memberikan signal positif terhadap video-video didalamnya. Youtube sangat menghargai channel yang punya reputasi bagus. Channel bagus berarti channel yang memiliki tingkat relevansi tinggi antara satu video dengan video lainnya yang berkaitan. Artikel terkait : Cara Memperbanyak Subscribe Youtube

Ada apresisi khusus yang diberikan youtube terhadap saluran yang seperti itu, salah satunya adalah channel tersebut sering menghiasi halaman depan situs youtube dengan tulisan “Populer on Youtube”.

Bukanlah hal mudah untuk bisa mendapatkan layanan khusus seperti itu. Bagi channel dan video yang sudah pernah merasakan pasti subscribe, view serta klik yang didapat juga akan meningkat drastis. Youtube menilai tingkat relevansi sebuah saluran dengan seberapa lama waktu yang dihabiskan oleh penonton gunakan untuk menyaksikan video atau berada dalam channel tertentu. Jika dalam blogging, hal ini dikenal dengan kata Bounce Rate / Nilai Pentalan. Artikel terkait : Cara Memperbanyak Penonton Video Youtube

9). Share dan Promo Video
Untuk mempromosikan video youtube ada banyak caranya, tergantung seberapa kreatif saja anda mengaplikasikannya. Gunakan twitter, facebook, instagram, Google Plus, Sosial Bookmarking dan lain sebagainya untuk bisa mengenalkan kepada umum mengenai keberadaan video anda.

Bisa juga Dengan mengajukan video anda ke situs berita populer yang memiliki jutaan pengunjung tiap harinya dan bila sukses diterima maka video tersebut akan mendapat view ratusan ribu dalam waktu yang singkat. Artikel terka8it : Cara Unik Promosi Video Youtube

10). Manfaatkan Forum Diskusi Untuk Memperluas Jangkauan Penonton
Setelah melakukan promosi, manfaatkan juga forum-forum yang tersedia untuk menunjang backlink bagi video youtube anda. Anda bisa sisipkan link video youtube anda pada kolom komentar thread yang membahas masalah sejenis atau anda sendiri yang membuka thread baru dengan topik seperti video milik anda.

Jangan sampai jadi spammer karena umur anda tidak akan lama jika hal itu terjadi. Sebaiknya bermain santai dan bersih saja dengan asupan backlink normal untuk terus meningkatkan seo pada channel terutama video kita.


Sumber : Berita Usaha

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact