-->

Breaking

logo

Minggu, 01 Juli 2018

Pengolahan Citra Digital - Tugas 1

Pengolahan Citra Digital - Tugas 1

Berikut ini adalah pertanyaan sekaligus Jawaban beserta Penjelasan yang sesuai dengan yang ditanyakan.

Jelaskan tentang berat, proporsi dan kemiringan huruf dalam perbedaan tampilan! 

Berat
perubahan berat dari struktur bentuk dasar huruf terletak pada perbandingan antara tinggi dari huruf yang tercetak dengan lebar stroke. ditinjau dari beratnya, huruf dikelompokkan menjadi tiga, yaitu : light, regular dan bold.

Proporsi
proporsi merupakan perbandingan antara tinggi huruf yang tercetak dengan lebar huruf itu sendiri.ditinjau dari proporsi, huruf dibagi menjadi : condensed, regular, dan extended.

Kemiringan
huruf yang tercetak miring dalam terminologi tipografi disebut italic. huruf italic biasanya digunakan untuk memberikan penekanan pada sebuah kata. di samping itu, huruf-huruf ini juga dipakai untuk menunjukkan istilah atau kata yang berasal dari bahasa asing. umumnya, huruf italic digunakan untuk teks dalam jumlah yang tidak terlalu panjang, seperti untuk keterangan gambar (caption), highlight dari naskah (copy blurb) serta sebagai headline atau sub-head.

Sebut dan jelaskankan macam kekontrasan dalam huruf! 

Tebal-tipisnya huruf, menyangkut berat dan ringannya, tebal dan tipis, serta kesan kuat-lemahnya huruf.
Besar-kecilnya huruf, terletak pada besar kecil skala perbandingan ukuran dengan satu tipe keluarga huruf.
Keras-lembutnya huruf, kekontrasan pada sensasi karena perbedaan tipe huruf.
Lebar-sempitnya huruf, kekontrasan adalah ukuran horisontal huruf, jauh dekat, sempit ke lebar dan tinggi ke luas.
Tegak-miringnya huruf, kekontrasan tetap dinamis, tegak lurus ke kaku dan berhenti menuju ke sesuatu.
Padat konturnya huruf, kekontrasan berkait dengan penuh dan kosong, posisitf dan negatif, hitam ke putih, hidup dan mati
Padat bergeraknya huruf, menyangkut kekontrasan antara penuh dengan bagian-bagian, lengkap dan tidak lengkap, tenang dan kacau.

Jelaskan hal-hal apakah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan huruf ? 

Legibility adalah kualitas huruf atas naskah dalam tingkat kemudahannya untuk dibaca.
Interstate adalah jenis huruf yang telah diuji faktor legibility-nya di Amerika guna memenuhi persyaratan sebagai standar huruf untuk rambu-rambu jalan bebas hambatan dan trotoar (highway signs and pavement markings)

Sebut dan jelaskan lima prinsip dasar dalam perancangan tipografi!

Sintaksis Tipografi
sintaksis dalam tipografi memiliki pengertian sebagai sebuah proses penataan elemen-elemen visual ke dalam kesatuan bentuk yang kohesif.

Persepsi Visual
Pemahaman terhadap prinsip persepsi visual adalah kunci untuk memahami tendensi mata dalam melihat sebuah pola visual.

Focal Point
Tugas perancang grafis adalah menarik perhatian penglihat dengan menciptakan suatu pola rancangan visual yang secara cepat dapat menstimulasi penglihat lewat pokok penekanan (focal point).

Grid Systems
Sebuah grid diciptakan sebagai solusi terhadap permasalahan penataan elemen-elemen visual dalam sebuah ruang. Grid Systems digunakan sebagai perangkat untuk mempermudah menciptakan sebuah komposisi visual.

Alignment
Dalam sebuah perancangan tipografi penataan baris (alignment) memiliki peranan penting sebagai penunjang legibility serta estetika dari rancangan.

Jelaskan beberapa hal yang harus dihindari dalam perancangan halaman karena mengganggu estetika! 

Widow
Satu baris pendek yang merupakan baris terakhir dari sebuah paragraph yang berdiri tunggal dan hadir menjadi baris pertama pada halaman berikutnya.

Orphan
Satu baris pendek yang merupakan baris pertama dari sebuah paragraph yang berdiri tunggal dan menjadi baris terakhir dalam sebuah halaman.

Block
Tiga atau empat buah tanda sambung (hyphens) yang bersusun pada bagian akhir dari beberapa baris yang berurutan dalam sebuah halaman.

River
Sebuah bentuk yang terjadi karena adanya jarak antar-kata dari beberapa baris yang berurutan dan membentuk sebuah bidang putih seperti alur sungai.

Apakah yang dimaksud dengan layout dan tata letak ? 

Layout adalah sebuah sket rancangan awal untuk menggambarkan organisasi unsur-unsur komunikasi grafis yang akan disertakan. Tata letak adalah usaha menyusun, menata dan memadukan unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, warna dan lain-lain) menjadi media komunikasi visual yang komunikatif, estetik, persuasif, menarik, dan mendukung pencapaian tujuan secara cepat dan tepat

Sebutkan macam-macam tata letak dan karakteristik masing-masing! 

Format L & Format L terbalik
Cukup dinamis, sirkulasi ruang gerak cukup dan memiliki kesan pandangan terarah.

Format Z & Format Z terbalik
Cukup dinamis, sirkulasi ruang gerak cukup, kesan pandangan sudah diarahkan.

Format C & Format C terbalik
Menghasilkan keseimbangan dinamis dengan kesan pandangan terarah.

Format 7 & Format 7 terbalik
Menghasilkan sirkulasi ruang gerak cukup dengan kesan pandangan terarah. Menghasilkan efek padat, sempit, sirkulasi ruang kurang dan pandangan tidak terfokus.

Apakah yang dimaksud estetika ?  

Estetika adalah segala sesuatu dan kajian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan seni yang mencakup nilai keindahan.

Sebut dan jelaskan unsur-unsur estetika! 

Sensasi, adalah rangsangan eksternal ditangkap mata dan telinga dalam alat penerimaan yang menimbulkan getaran.

Persepsi, merupakan tahap dimana sensasi telah terkesan. Persepsi langsung menggerakkan proses asosiasi-asosiasi sehingga dapat melakukan komparasi  (membandingkan),  diferensiasi  (membedakan),  analogi (persamaan) dan sintesis (penyimpulan).

Impresi,  merupakan  tahap  dimana  kesan  telah  menjadi  keyakinan  yang sewaktu-waktu  dapat  diingat  kembali  karena  sudah  ada  dalam  wilayah kesadaran manusia.

Emosi,  tidak  hanya  menyangkut  perasaan  marah,  kecewa,  panic,  jengkel, kesal yang tidak terkendali, namun juga perasaan gembira dan antusias.

Interpretasi, menyangkut aktivitas daya pikir akibat impresi masuk ke dalam wilayah kesadaran.

Apresiasi,  merenungkan  pengertian  atau  apa  yang  telah  diinterpretasikan, menimbang  dengan  fakta-fakta  lain,  mempertimbangkan  kebenaran  sampai dimana maknanya adalah fungsi intelek berganda yang dirumuskan dengan kata apresiasi.

Evaluasi,  adalah  renungan  dan  rumusan  yang  ingin  disampaikan  kepada orang lain, baik secara lisan maupun tertulis .

Jelaskan macam-macam tema yang disesuaikan dengan fungsi desain! 

Rasional
Media yang mengarah kerasional yang berfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan masyarakat, akan memberikan tekanan atau manfaat baginya untuk menerima berita yang diinformasikan/dikomunikasikan.

Humor dan Jenaka
Penampilan humor atau jenaka merupakan strategi mencapai sasaran komunikasi grafis komunikasi untuk memicuperhatian terhadap yang dikomunikasikan.

Rasa Takut
Rasa takut lebih efektif digunakan untuk memperbaiki motivasi.

Patriotik
Tampilan visual patriotik (hero) kadang dihadirkan untuk menambah rasa kepercayaan masyarakat terhadap berita yang diinformasikan/dikomunikasikan.

Kesalahan
Seseorang suatu saat kadang melakukan kesalahan dalam hidupnya, seperti menyimpang dari nilai aturan yang ada. Tujuan media yang bersifat kesalahan ini agar audience (masyarakat) yang melihatnya/membacanya bisa memperbaiki adegan/berita kesalahan yang diinformasikan/dikomunikasikan.

Kaidah
Kaidah biasanya hubungannya dengan aturan-aturan yang tidak menyinggung suku, adat-istiadat, ras, dan agama (SARA).

Simbol
Simbol adalah tanda yang mempunyai hubungan dengan obyek yang mempunyai peraturan yang sifatnya umum.

Pengandaian
Pengandaian merupakan harapan atau angan-angan kedepan sebuah tujuan. Pengandaian merupakan sebuah impian yang seakan-akan menjadi kenyataan.

Emosional
Emosional sangat berhubungan dengan faktor psikologis yang dapat mempengaruhi penghayat (masyarakat).


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact